Bagi anda yang masih berliburan atau yang masih binggung mau liburan kemana dan yang sedang mau berlibur ke kota Medan khususnya ke daerah Deli Serdang, nih ada salah satu wisata yang menarik buat seru-seruan bareng keluarga atau bareng teman-teman anda , namanya “ Pantai Salju” dengar namanya aja pasti udah pada kepo yaa,hehe??? Yuk, mari kita kupas tuntas bersama tentang Pantai ini.

Indonesia  sebagai negara multikultural memiliki ratusan suku yang tersebar diantara pulau-pulaunya. Suku-suku tersebut tentu saja melahirkan  bahasa, budaya, tradisi dan adat istiadat yang berbeda-beda. Mungkin saja terlihat sedikit aneh. Keanehan tersebut bisa saja timbul karena biasanya hal-hal tersebut berada di luar logika manusia atau karena hal tersebut tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat umum. Contohnya saja, dalam Suku Karo, terdapat beberapa unsur dalam suatu upacara adat, misalnya di dalam suatu upacara kematian, orang karo memiliki nama atau sebutan sendiri untuk suatu kematian.  Di sini akan  mencoba membahas salah satu upacara penguburan yang terbilang cukup unik.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya”, begitu kira-kira bunyi sebuah pepatah zaman dahulu. Artinya sebuah bangsa yang dianggap besar adalah bangsa yang dapat belajar dari masa lalunya, hal itu bisa dilakukan salah satunya dengan cara merawat gedung gedung peninggalan sejarah. Kita dapat belajar banyak dari gedung tersebut seperti bagaimana bangunan tersebut dibangun, alasan bangunan tersebut dibuat, dan lain-lain. Lalu bagaimana dengan Kota Medan ?

Sumatera Utara terkenal dengan etnis suku budaya yang beragam, mulai dari suku batak, suku jawa, suku melayu, suku padang, suku aceh dan suku lainnya yang datang dari luar provinsi Sumatera Utara. Tetapi, Kota Medan sendiri mempunyai satu tempat dimana terdapat banyak sekali kerajinan suku adat batak mulai dari ulos suku batak mandailing, toba, pakpak, simalungun dan juga sampai ukiran-ukiran kerajinan tangan etnis suku batak lainnya.

Salah satu syarat untuk menjadi pembisnis yang sukses adalah dengan cara melihat peluang yang ada di sekitar kita, salah satu nya adalah dengan musim hujan yang sudah tiba di penghujung tahun ini. Banyak sekali peluang usaha yang dapat dijalankan di bulan yang penuh dengan akhiran “ber” ini.

Bandung, Solo, Pekalongan, dan Yogyakarta didaftarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parenkraf) menjadi kota kreatif kepada UNESCO (Badan PBB bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya). Empat kota itu dipilih karena dinilai maju dalam seni, industri kreatif, dan desain.

Ekonomi kreatif merupakan salah satu pengembangan konsep berdasarkan modal kreatifitas yang dapat berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2007) “ekonomi gelombang ke-4 adalah kelanjutan dari ekonomi gelombang ketiga dengan orientasi pada kreativitas, budaya, serta warisan budaya dan lingkungan”. Sebelumnya Alvin Tofler dalam bukunya Future Shock (1970) mengungkapkan bahwa “peradaban manusia terdiri dari 3 gelombang;

Kelam dan angin lalu mempesiang diriku; menggigir juga ruang di mana dia yang ku ingin

Malam tambah merasuk, rimba jadi semati tugu

Di karet...di karet...daerahku yang akan datang sampai juga deru angin

Aku berbenah dalam kamar, dalam diriku jika kau datang dan aku bisa lagi lepaskan kisah baru padamu

Tapi kini hanya tangan bergerak lantan, tubuhku diam dan sendiri, cerita dan peristiwa berlaku beku

Pengertian Umum Geopark (Taman Bumi)
Geologi adalah ilmu yang mempelajari secara keseluruhan tentang bumi, baik mengenai asal muasal/kejadian pembentukannya, kandungannya, bentuk fisik maupun sejarahnya termasuk segala proses alamiah yang mempengaruhi perkembangan bumi.
Geopark adalah sebuah konsep manajemen sumber daya keragaman bumi (geodiversity) yang mencakup geologi, biologi, sosio cultural dan pariwisata. Geoarea adalah kawasan bumi yang merupakan kumpulan beberapa geosite (satu kawasan) sedangkan, Geosite adalah suatu wilayah permukaan bumi yang menunjukkan bukti fisik terjadinya peristiwa geologi yang sangat unit/spesifik/khas dan signifikan.

Negeri Indonesia kita ini memiliki beragam macam adat dan budaya. Dari yang sifatnya sederhana sampai yang sifatnya tak mampu dicerna dengan akal manusia seperti dunia mistik. Fenomena yang sedang menjadi sorotan dan menjadi daya tarik semua masyarakat Kota Medan adalah kepercayaan masyarakat terhadap daya guna batu cincin.