Ibu kota dari Sumatera Utara ini memiliki berjuta keunikan dan  keindahan yang tak kalah bisa kita sandingkan dengan kota-kota lainnya. Berbicara soal keunikan, Medan yang pada dasarnya terkenal dengan masyarakat batak ini, memiliki keunikan tersendiri dalam berbahasa.

 

Dengan memiliki logat yang keras itulah menjadi ciri khas membuat masyarakat Medan lebih gampang dikenal dan diingat oleh orang-orang.

Bila kita yang notaben bukan asli orang Medan dan bertempat tinggal disini, pasti akan merasakan suatu sensasi tersendiri karena mendengar logat-logat bahasa yang ada. Mungkin kita akan merasakan sesuatu yang ganjil dan bisa jadi sedikit shock dengan hal itu. Tapi tak perlu khawatir,  berbicara dengan nada yang kasar dan terkesan keras, bukan berarti menandakan orang Medan itu orang yang berwatak keras juga lhoo, guys..

Untuk itu mari kita kilas balik, macam-macam bahasa Medan yang bila kita bandingkan dengan bahasa Jakarta memiliki banyak perbedaan-perbedaan arti, cekidot....!

JKT       :           gila cantik/ganteng banget 

MDN     :           cantik/ganteng kali wak sumpah!

 

JKT       :           idih  ngeri banget lo

MDN     :           iiih ngeri kali kau iya betul aku

 

JKT      :           kurang kerjaan bgt sih lo

MDN      :           tahapa-hapa aja kerja kau

 

JKT       :           ga gitu loo bebal banget sih

MDN    :           kepala otak kau lah bandal kali

 

JKT       :           lo keterlaluan bgt sih

MDN    :           mak sanggup kali kau bah

 

Jkt       :           eh coba lo liat deh

            JKT       :           coba lah kamu lihat

MDN    :           eh cak lah ko tengok dulu

 

JKT       :           gimana bagus ga?

MDN    :           eh cocok kau rasa?

 

JKT       :           kita liat aja nanti!

MDN    :           iya ko tengok ajalah nanti iya iss

 

JKT       :           ga boleh kaya gitu..

MDN    :           mana aci kek gitu

 

JKT       :           gimana niiii..

MDN    :           bah..cemana nya

 

JKT       :           eh ceritanya kita lagi diluar angkasa ya

MDN    :           eceknya di luar angkasa la kita ya

 

JKT       :           pusing gua

MDN    :           sakit otakku

 

JKT       :           mau kemana neng?

MDN    :           mo mana dek?

Sekian dulu pembahasan kita tentang bahasa medan vs bahasa Jakarta. Tunggu lagi artikel menarik lainnya.