Kompetisi Menulis Artikel (KOMA) bagi jurnalis ini merupakan bentuk apresiasi Telkom Witel Sumut Barat bagi jurnalis yang dengan tulisan nya bisa membuat masyarakat Kota Medan sadar akan pentingnya pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Medan.

 

Selain memberikan apresiasi, kompetisi ini juga diharapkan dapat membantu dan mendorong partisipasi masyarakat Kota Medan untuk bersama-sama berkontribusi membantu menumbuh kembangkan ekonomi kreatif di Kota Medan.

Penyelenggaraan KOMA bagi jurnalis ini merupakan yang pertama kali digelar. Dengan mengangkat tema “Industri Kreatif di Kota Medan“.

Seluruh tulisan yang dapat mengikuti KOMA ini belum pernah dipublikasikan baik di media massa baik cetak, elektronik maupun online (orisinil) pada periode 11 Desember 2014 sampai 18 Desember 2014.

Tema Lomba

Tema KOMA ini adalah “Hadapi MEA 2015, Siapkah Industri Kreatif Medan ?”

Kriteria Peserta Jurnalis

1.      Wartawan harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)

2.      Peserta adalah perorangan (individu).

3.      Wartawan yang bekerja pada media cetak/online dan dapat diikuti pula bagi wartawan lepas (termasuk diantaranya penulis tetap maupun kontributor).

4.      Peserta wartawan harus menyertakan foto copy atau scan kartu identitas dan kartu pers yang masih berlaku atau surat keterangan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah wartawan, baik dari media tempat bekerja atau lembaga profesi wartawan tempatnya bergabung dan memberikan nomor telepon yang dapat dihubungi.

5.      Jumlah peserta dari satu media tidak dibatasi.

 

6.      Panitia berhak mendiskualifikasi keikutsertaan peserta wartawan atau membatalkan apabila peserta yang terpilih sebagai pemenang memberikan data yang keliru atau tidak benar.

Kriteria Tulisan

1.      Materi tulisan dipublikasikan di portalmedankreatif.com antara 11 Desember 2014 sampai 18 Desember 2014

2.      Materi tulisan bebas dalam berbagai bentuk: pemberitaan, hasil wawancara.

3.      Materi tulisan harus benar, berdasarkan fakta yang akurat, menerapkan kaidah-kaidah jurnalisme yang tepat dan tidak ada kesalahan penulisan.

4.      Materi tulisan bersifat konstruktif, sopan, tidak mengandung unsur pornografi atau pun SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

5.      Materi tulisan harus dikirim langsung ke dalam website portalmedankreatif.com dengan mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu.

6.      Materi tulisan maksimal 1500 kata.

7.      Materi tulisan harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia.

8.      Materi tulisan belum pernah diikutsertakan pada lomba sejenis yang diselenggarakan oleh pihak lain (orisinil) atau pun belum pernah meraih penghargaan apapun.

9.      Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 tulisan.

10.  Setiap tulisan disertai dengan bukti foto minimal 1 buah.

11.  Hasil softcopy dikirimkan ke email panitia yaitu : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. untuk dilakukan tahap penilaian.

Syarat dan Ketentuan

1.      Kompetisi ini terbuka untuk semua wartawan yang berwarga negara Indonesia dan tidak ada batasan umur.

2.      Dengan mengikuti dan mengirimkan karyanya, secara tidak langsung maka peserta setuju untuk terikat dengan syarat dan ketentuan berikut ini :

3.      Keputusan juri adalah bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat.

4.      Kompetisi berlangsung tanpa dipungut biaya apa pun bagi setiap peserta.

5.      Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang memberikan informasi yang berbau SARA

6.      Peserta setuju untuk mengalihkan seluruh hak cipta atas karya tulis dimasukkan ke dalam portalmedankreatif.com. seluruh karya yang dikirim menjadi hak milik Telkom sebagai dokumentasi maupun kepentingan komersial dengan berbagai cara dan di berbagai media yang berhubungan dengan lomba dan promosi lainnya.

7.      Telkom memiliki hak penuh untuk mempublikasi, memproduksi, memamerkan, menyebarkan, menampilkan seluruh karya pemenang di portalmedankreatif.com atau media lain yang berada dibawah manajemen panitia untuk kepentingan TELKOM. Dalam penggunaan karya-karya pemenang tersebut, panitia memiliki hak untuk melakukan tanpa permohonan izin terlebih dahulu kepada pemenang dan tanpa menawarkan kompenasansi dalam bentuk apapun. Panitia akan mencantumkan credit title dalam setiap karya yang digunakan.

8.      Peserta dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui seluruh persyaratan dan ketentuan kompetisi yang berlaku pada saat mendaftarkan, mengirimkan dan mengumumkan karyanya untuk mengikuti kompetisi. Panitia memiliki hak atas semua keputusan masalah-masalah yang tidak tercantum dan apabila kemudian peserta tidak setuju dengan keputusan tersebut, peserta dapat mengundurkan diri dari lomba.

9.      Setiap peserta memiliki hak dan tanggung jawab penuh terhadap seluruh karya yang diikutsertakan. Panitia tidak bertanggung jawab terhadap keluhan atau tuntutan dari pihak ketiga yang merasa dirugikan oleh karya yang dikirim oleh peserta kompetisi dan peserta wajib mengganti rugi pihak yang dirugikan dan membebaskan panitia dari segala tuntutan.

10.  Panitia dapat menggunakan karya peserta dan oleh karena itu peserta harus mengkonfirmasi bahwa karyanya adalah karya asli milik peserta (orisinil) dan tidak bertentangan dengan hokum Indonesia yang berlaku, dan peserta memiliki hak untuk memberikan izin untuk tujuan tersebut.

11.  Dengan mengikuti kompetisi, peserta akan diikat untuk menyetujui seluruh peraturan kompetisi.

12.  Bila peserta tidak dapat menjamin untuk memberikan izin terhadap point-point diatas dan keberatan dengan salah satu point, peserta tidak diharapkan tidak mengikuti kompetisi ini.