Masalahnya, seberapa kuat bangsa Indonesia bisa bersaing dengan masyarakat ASEAN ? Untuk bisa bersaing dengan negara ASEAN, otomatis kita harus mempunyai banyak kemampuan yang dibutuhkan di dunia perdagangan, bisnis dan lainnya. Berikut ini beberapa hal yang harus dimiliki, agar bisa bertahan dan berjuang di era pasar bebas ini :

1.    Bahasa asing

Mungkin banyak orang yang berpikir menguasai bahasa Inggris sudah cukup untuk bekal menuju kesuksesan. tetapi, dengan diresmikannya pasar bebas ini, kamu akan bekerja bersama orang-orang asing dari berbagai negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Memang, mereka pasti bisa berbahasa Inggris dengan baik. Tapi, ketika kamu bekerja sama dan berkomunikasi menggunakan bahasa ibu mereka, kamu akan lebih dihargai dan komunikasi pun berjalan dengan lebih baik. 

2.    Networking

Jaringan bukan hanya penting, tapi juga keharusan. Kita akan menjalani kerja sama dengan para orang asing. Sekali kita bekerja sama  dengan mereka, tak menutup kemungkinan kita bakal menjalin kerja sama lagi dengan orang yang sama di masa depan. Jadi, jangan lupa untuk menjaga hubungan baik dengan partner kita. Selain itu, jaringan juga bisa membantu bisnis untuk tumbuh semakin besar dan kuat di era MEA ini.

3.    Negosiasi

Untuk menjalin kerjasama, kita pasti harus melakukan negosiasi untuk menentukan berapa persen keuntungan kita dan pihak mereka. Tak banyak orang yang pandai bernegosiasi sehingga bisa menghasilkan perjanjian yang saling menguntungkan. Ketika kamu dan pihak mereka sama-sama senang dan untung, maka persahabatan bisnis di antara kita akan semakin kokoh. Hal ini akan mendorong kerja sama-kerja sama lainnya di masa depan.

4.    Public Speaking

Kita boleh saja cerdas dan punya banyak keahlian sehingga bisa menciptakan sesuatu yang mengubah dunia. Tapi, tanpa kemampuan untuk berbicara di hadapan orang banyak, isi kepala kita tak akan bisa tersampaikan kepada dunia. Apa lagi di era MEA ini, peluang untuk bekerja di luar negeri pasti akan lebih besar. Kamu harus bisa mempresentasikan rencana, ide, dan kreativitasmu kepada para klien dan juga business partner.

Rasa Ingin Tahu dan Kritis

Rasa ingin tahu yang kuat terhadap seseorang dan pemikiran kritisnya jadi sering bertanya. Bukan Pertanyaan yang tidak penting, tetapi pertanyaan yang diajukan untuk memperkaya wawassan dan ilmu pengetahuan.

Itu dia beberapa strategi untuk menghadapi MEA 2016. Selain beberapa hal di atas, kita juga harus meningkatkan kualitas dengan terus belajar tanpa henti. Mungkin di era MEA tahun ini kita akan mendapatkan peluang besar untuk bisa sukses di negeri orang. Tapi, jangan cepat merasa puas. Teruslah kembangkan dirimu sendiri dengan terus belajar tanpa henti.