Bagi anak medan siapa yang tidak pernah mendengar tempat ini. Museum ini terkenal bukan karena pemiliknya yang merupakan pengusaha terkenal. Museum ini dikenal baik di kalangan masyarakat Kota Medan maupun luar daerah karena di tempat ini kita dapat melihat beragam jenis satwa liar yang diawetkan. Museum ini dijadikan tempat wisata dan sekaligus sarana pendidikan bagi masyarakat yang berkunjung di museum ini.

Pengunjung museum ini pun dari berbagai macam kalangan dimulai dari anak-anak hingga sampai orang dewasa. Saat ini wisata untuk edukasi sangat minim di Indonesia. Maka patutlah Museum Galeri Rahmat ini dijadikan sebagai contoh objek wisata hiburan sekaligus tempat penambah wawasan dan pengetahuan.

Museum ini memiliki hampir 2000 jenis koleksi awetan binatang mulai dari yang kecil hingga yang besar seperti awetan badak, macan tutul, gajah, singa, kambing gunung, dan lain-lain. Selain binatang besar, museum ini juga mengoleksi awetan binatang kecil, seperti aneka macam kumbang. Koleksinya yang terkenal adalah “African Big Five” yang terdiri dari lima satwa liar paling berbahaya. Hewan-hewan dari museum ini diperoleh dari perburuan legal, dan beberapa dibeli dari koleksi hewan yang mati di kebun binatang di dunia. Museum ini dibuka dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB hari selasa sampai minggu.

Sebagai satu-satunya museum satwa yang terlengkap di Asia, maka tidak heran jika pemilik museum ini pernah memperoleh penghargaan internasional  yang merupakan penghargaan dari lembaga-lembaga dunia yang mempunyai program pelestarian populasi satwa liar.

Konsep unggulan dari Galeri Rahmat yaitu konsep The Night Safari. Konsep ini didesain seperti seperti tengah melihat kehidupan hewan di hutan pada malam hari. Untuk dapat menikmati keindahan museum ini pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 32.000 untuk umum Rp. 25.000 untuk anak-anak. Biaya yang dikeluarkan akan terbayar setelah melihat dan merasakan suasana di museum ini. Pesona cahaya lampu yang menarik dan suara-suara di dalam museum membawa kita merasakan keberadaan hewan-hewan yang sudah diawetkan seolah-olah masih hidup.

Bagi anda pecinta binatang, wisata ini sangat menarik untuk di kunjungi. Selain dapat melihat hewan dari yang kecil hingga yang paling besar dan liar, pengunjung dapat menambah wawasan mengenai keanekaragaman dan spesies hewan yang ada di penjuru dunia. Keistimewaan dari museum ini, kita dapat mengetahui hewan-hewan yang sudah mulai punah dan langka ditemukan untuk masa sekarang ini. Maka beruntunglah bagi orang-orang yang sudah pernah mengunjungi museum ini.

Selain merupakan wisata yang unik dan dapat langsung melihat hewan-hewan liar yang diawetkan, pengunjung dapat melihat keindahan yang menakjubkan dimana suasana museum dibuat dengan sangat menarik seperti kita benar-benar melihat hewan yang masih hidup. Kemudian untuk penempatan lokasi hewan yang diawetkan tersusun denga baik dan menarik. Sehingga suasana didalam museum benar-benar dapat dinikmati oleh pengunjung. Museum ini tidak hanya dilengkapi beragam spesies hewan yang diawetkan. Museum ini juga dilengkapi dengan perpustakaan jenis satwa dan habitatnya dari berbagai negara, Gift Shop cindera mata, Hunters Cafe dengan Audio Visual tentang perburuan konservasi, Studio Photo dengan fotografer profesional, dan Multi Function Room.

Tak kalah menariknya, sebagai pengunjung yang mencintai binatang akan timbul pertanyaan mengapa hewan diawetkan dan berpikiran bahwa mengawetkan binatang sama saja seperti melakukan penyiksaan terhadap hewan. Berdasarkan informasi yang beredar, binatang yang diawetkan di Galeri Rahmat merupakan hasil buruan legal dan hewan yang sudah mati yang diperoleh dari kebun binatang. Pemilik museum ini adalah bapak Rahmat Shah yang merupakan seorang pemburu profesional dan beliau merupakan seseorang pecinta binatang.

Kepedulian beliau terhadap binatang membuahkan hasil yang positif. Dimana museum ini sudah terkenal baik wisatawan lokal maupun mancanegra. Adanya respon positif dari masyarakat atas kehadiran wisata satwa ini hingga menjadikan tempat ini dijuluki sebagai wisata satwa terlengkap dan terbesar di benua Asia.