Kita bisa melihat bahwa restaurantasing begitu merajai di negeri ini. Sebut saja pizza yang menguasai pasar kuliner Indonesia namun rendang yang rasanya mengalahkan pizza tidak mampu menguasai pasar kuliner Itali. Setelah dilihat permasalahnnya, yang terjadi adalah restaurant Indonesia diluar negeri menyesuaikan rasa lokal yang membuat rasa khas dari Indonesia tersebut hilang. Hilangnya cita rasa kuliner Indonesia diluar negeri membuat makanan tanah air tidak punya rasa otentik yang menjadi ciri khas. Demi selera lokal misalnya, rasa pedas dari suatu masakan dikurangi. Penyebabnya adalah anggapan bahwa orang asing, misalnya dinegara barat tidak suka masakan pedas. Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Itulah mengapa ada penyesuaian rasa karena timbulnya kekhawatiran rasa asli kuliner Indonesia sulit diterima selera Internasional.

Seharusnya, Indonesia harus punya rasa percaya diri dengan rasa otentik dari makanan tersebut. Negara-negara Asia yang berhasil merambah ke penjuru dunia seperti Thailand, Jepang menghargai bumbu asli mereka dalam meracik masakan mereka dan nyatanya itu berhasil. Mereka mampu menembus pasar kuliner dunia. Harusnya Indonesia mampu mengambil langkah yang sama. Rendang misalnya, supaya bisa menembus pasar kuliner dunia bumbunya harus berasal dari Indonesia. Ketika rendang di Thailand menggunakan bumbu dari Thailand, maka rasa makanan tersebut akan jelas berbeda dan itu membuat masyarakat luar tidak terlalu tertarik dengan rasa makan itu. Para penikmat kuliner saat ini sudah tahu membedakan bumbu yang asli dengan bumbu yang tidak asli. Bumbunya saja sudah berbeda, sudah pasti rasa yang dihasilkan akan berbeda pula.

Selain itu, restaurantIndonesia diluar negeri tidak terletak di tempat yang strategis. Harusnya tempat harus benar-benar disesuaikan sehingga pelanggannya juga akan bertambah karena salah satu faktor yang mempengaruhi suatu restaurant itu adalah lokasi.

Indonesia harus benar-benar memanfaatkan peluang dari kuliner kita yang beragam ini untuk meningkatkan pendapatan dari sisi ekonomi, supaya Indonesia semakin diakui ditingkat Internasional. Semakin tinggi daya tarik dunia terhadap masakan Indonesia, akan semakin mudah bagi Indonesia taraf hidup masyarakat, karena pertumbuhan ekonomi tentunya akan semakin baik.