Untuk menjaga komitmen itu, Komisaris Telkom Rinaldi Firmansyah Senior General Manager (SGM) CDC Nur Hasim turun langsung ke lapangan meninjau beberapa UMKM di Sumatera Utara, yaitu AB Shoes di Binjai dan tenunan Songket Deli di Medan, Kamis 3 Maret 2016. Dalam kunjungan ini juga hadir Deputy Marketing Suherman, Deputy Infrastruktur Mukhni dan General Manager Witel Medan Zahrial Hamid Nasution.

“Saya ingin melihat dampak setelah kami bantu mereka. Apakah terjadi suatu kegiatan lebih positif dan lebih baik, perlu kami tinjau di lapangan secara langsung supaya bisa tahu efektivitas program yang kami lakukan, dan ternyata sudah cukup maju dan cukup efektif” ujar Rinaldi.

Melalui kunjungannya, Rinaldi meminta kepada pengelola industri agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi dengan memperkerjakan tenaga luar dan tidak melulu di lingkungan keluarga sendiri. “Sehingga terjadi persaingan positif dalam pengelolaan resource. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan ekonomi lingkungan dimana kita menjalankan usaha” harap Rinaldi.

Rinaldi juga menyarankan agar produk industri ini perlu di endorse agar lebih leluasa dikenal dan dapat dukungan dari orang-orang yang punya pengaruh besar memakai produk kita. “Hal lain yang sangat penting adalah branding produk kita pada setiap produk sehingga akan lebih dikenal orang dan berdaya saing lebih tinggi” tambahnya.

Menurut Mulyadi, salah satu pelaku bisnis, mengaku sudah menjalankan usaha industri sepatu ini sejak 2010 dan saat ini bisnis yang ia jalankan lebih maju dengan bantuan Telkom. Namun, ia mengaku masih ada kendala yang saat  ini belu ia temukan solusinya. “Untuk meningkatkan kualitas produksi masih terkendala bahan baku kulit berkualitas yang harus didatangkan dari Jawa Tengah” ungkapnya.

Sedangkan untuk menerima pesanan dan promosi, ia pun telah menggunakan layanan digital seperti Blackberry Messenger dan Whatsapp.

Mulyadi juga mengungkapkan bahwa hanya Telkom yang peduli membantu para pebisnis UMKM, khususnya dalam mengikuti pameran baik di Medan maupun di kota lain.

Terkait hal itu, SGM CDC Nur Hasim menyarankan kepada para pebisnis untuk memanfaatkan situs blanja.com sebagai salah satu wadah bisnis mereka. “Dengan blanja.com lebih mudah dan banyak dikenal oleh masyarakat karena belanja online saat ini merupakan lifestyle masyarakat modern” imbuhnya.

Diskusi dengan Pebisnis Songket

Dalam kunjungannya ke Deli, Rinaldi melakukan diskusi dengan pebisnis tenunan songket bagaimana me manage promosi dan rencana ke depan agar usaha yang mereka jalani lebih meningkat. Dalam diskusi ini, Rinaldi mengharapkan agar produksi tenunan Songket bisa meningkat dari 60 helai perbulan menjadi 100 helai. “Produksi bisa meningkat dengan menambah beberapa orang tenaga, apalagi alat tenunan sudah mumpuni” ujar Rinaldi.

Irfani selaku pemilik bermimpi ingin menjadikan rumah Songket Deli dapat menyediakan semua khas melayu deli selain songket, seperti sandal, sepatu dan berbagai aksesoris lainnya sehingga menjadikan bisnisnya sebagai destinasi souvenir terbaru dan terlengkap.