Baru-baru ini meluncurkan program baru yang bertajuk “Kampung UKM Digital CIKAL USU”, di Pusat Inkubator CIkal USU Jalan Dr. Mansyur No. 9 B, Kampus USU Medan, Sumatera Utara pada hari jumat tanggal 27 November 2015. Sebuah gerakan yang dicanangkan untuk membantu UKM bergerak menuju era digital.

Acara ini diresmikan oleh Deputy Executive Vice President Marketing Telkom Regional I Sumatera Suherman, Ketua Cikal USU Prof. Dr. Ritha Dalimunthe, SE, M.SP, Plt Rektor USU Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan Bapak H. Arjuna Sembiring, S.Sos, M.SP. Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kota Medan Afif Abdillah SE, dan juga hadir member UKM Cikal USU serta tamu undangan lainnya.

Selain berupaya untuk membantu UKM di suatu daerah menyambut era digital, Kampung UKM DIgital juga mengedepankan produk-produknya sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan UKM yang baru atau akan memasuki ranah digital.

Yang termasuk di dalam program Kampung UKM Digital adalah : sosialisasi Kampung Digital, penyediaan infrastruktur (berupa jaringan internet, access point WIFI ID, fasilitas Broadband Learning Center (BLC) yang juga sudah difasilitasi oleh jaringan 100% fiber), serta sharing knowledge terkait dengan Information Computer Technology (ICT).

Kampung UKM Digital adalah pemanfaatan teknologi Informasi secara komprehensif dan integratif untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di sentra UKM atau UKM yang terpusat di suatu lokasi tertentu dalam rangka mewujudkan UKM yang Maju, Mandiri, dan Modern dengan melibatkan pentahelix stakeholder (business, government, community, media, dan academy).

Dengan program ini akan membantu mengoptimalkan pemasaran dan proses bisnis produk-produk UKM setempat untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas sehingga bisa menjadi produk unggulan serta menjadi ikon oleh-oleh dari Kota Medan.

Melalui program ini juga akan memudahkan proses UKM memasuki era digital dengan menggunakan konten aplikasi seperti BosToko, Jarvis-store, Blanja.com dan Direktori UKM Smart Bisnis.

Harapan dengan diresmikannya Kampung UKM Digital ini agar UKM tersebut memasuki pasar digital dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan. Tujuan utama program ini adalah bagaimana membantu UKM tersebut untuk tidak hanya berjualan di pasar atau melalui distribusi tradisional, tetapi juga merambah pasar yang lebih luas dengan memasuki era online atau digital.