Maka dari itu, sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu UKM Indonesia dalam rangka modernisasi dan peningkatan kompetensi UKM melalui Infromation Computer Technology (ICT) maka PT. Telkom membangun Kampung UKM Digital.

Kampung UKM Digital adalah implementasi dari pihak PT. Telkom Indonesia selaku BUMN dalam mendukung kebijakan pemerintah dengan menggunakan konsep Kampung UKM yang dapat memanfaatkan teknologi informasi secara komprehensif dan integratif untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di Sentra UKM atau UKM yang terpusat di suatu lokasi tertentu dalam rangka mewujudkan UKM yang Maju, Mandiri, dan Modern dengan sentuhan teknologi ICT.

Dalam mengembangkan UKM Kampung Digital ini, menggunakan strategi ABC-GM yaitu dengan melibatkan para pihak-pihak A=akedemisi (kampus), B=Bisnis (Perusahaan Bisnis), C=Comunitas (UKM) serta G=Goverment (pemerintah) dan pihak media.

Adapun para pihak melakukan perannya sebagai berikut:

Pihak perusahaan akan membangun infrastruktur akses internet berikut perangkatnya (penyediaan PC, Meublair, Produk knowlege) serta aplikasi yang dibutuhkan dalam bisnis UKM sehingga diharapkan para pelaku UKM dalam menjalankan bisnisnya sudah bersentuhan digital berupa aplikasi teknologi informasi untuk membawa dan membantu mereka agar lebih maju dan terangkat naik ke atas.

Pihak akademisi (pihak kampus) selaku konseptor melakukan pendampingan sebagai konsultan dalam memberikan masukkan perbaikan bisnis proses mulai bahan baku, pengolahan menjadi bahan jadi yang siap dipasarkan, standarisasi, sertifikasi halal, packaging sehingga produk lebih menarik, serta pemasarannya baik secara konvensional maupun secara online.

Pihak Komunitas UKM adalah pihak yang akan dibantu agar usahanya bisa lebih maju, mandiri dan modern.

Pihak Pemerintah selaku regulator dalam hal ini akan memberikan bantuan koordinasi dengan para stakeholder agar para pelaku UKM lebih mudah menjalankan usahanya baik berupa kemudah mendapatkan SIUP, Rekomendasi kepada para pihak-pihak terkait untuk mendukung UKM.

Pihak Media membantu mempromosikan bisnis UKM sehingga omzetnya bisa meningkat.

Setelah sebelumnya sudah dilaunching Kampung UKM Digital Cikal USU yang pertama di Kota Medan, saat ini kembali melaunching Kampung UKM Digital terbaru nya yaitu Kampung UKM Digital Universitas Panca Budi yang berada di Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan Jalan Jenderal Gatot Subroto KM 4,5 Sei Sekambing Medan yang berpusat di UKM Center UNPAB.

Acara ini diselenggarakan pada Rabu 30 Maret 2016 di Gelanggang Mahabento UNPAB yang dihadiri dan diresmikan oleh Deputy Executive Vice President Marketing Telkom Regional I Sumatera Suherman, General Manager Telkom Witel Medan Zahrial Hamid Nasution, Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si, Rektor UNPAB Medan Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, S.E, M.M, Direktur dan Wakil Direktur UKM Center UNPAB Efrizal Adil, S.E, M.A dan Hanifah Mutia Zna, S.Si, M.Si, Perwakilan Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI) Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi serta pelaku UKM Panca Budi dan para tamu undangan lainnya.

Yang termasuk di dalam program Kampung UKM Digital adalah : sosialisasi Kampung Digital, penyediaan infrastruktur (berupa jaringan internet, access point WIFI ID, fasilitas Broadband Learning Center yang juga sudah difasilitasi oleh jaringan 100% fiber), serta sharing knowledge terkait dengan (ICT) yang meliputi konten aplikasi yang disediakan seperti Jarvis Store, Blanja.com, Direktori UKM Smart Bisnis dan lain-lain.

Tujuan utama program ini adalah bagaimana membantu UKM untuk tak hanya berjualan di pasar atau melalui distribusi tradisional, tetapi juga merambah pasar yang lebih luas dengan memasuki era digital.

Diharapkan dengan diresmikannya Kampung UKM Digital Universitas Panca Budi, dapat membuat pelaku UKM Center UNPAB memajukan bisnis prosesnya dan dapat bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).