IoT (Internet of Things) merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

Perkembangan IoT yang sangat baik sudah diterapkan di Indonesia dan bisa kita ambil contoh pada kota Bandung. Dimana kota Bandung sudah menerapkan konsep Smart City dimana semua kondisi kota Bandung bisa dimonitoring melalui Bandung Command Center. Nantinya diharapkan kota-kota lain bisa mulai menerapkan konsep Smart City.

Melalui teknologi IoT kita dapat memonitor berbagai macam aspek, contohnya saja kondisi keadaan rumah, melalui konsep Smart Home kita dapat mengetahui keadaan rumah karena sensor-sensor dapat mengirim data baik pergerakan, suhu, hingga gambar cctv kita dapat memonitornya dari jarak jauh. Bukan hanya memonitor bahkan kita juga dapat mengontrol suatu benda dari jarak jauh melalui IoT.

Kedepannya IoT merupakan bagian dari kehidupan manusia, terutama dalam memberikan kemudahan layanan pada kehidupan sehari-hari. Secara umum akan dikembangkan beberapa bagian yaitu :

1.      Smart connectivity yang digunakan pada saat dalam kondisi bergerak, terutama untuk koneksi antara pengguna smartphone dengan kendaraaan maupun perangkat lainnya, seperti koneksi ke rumah sakit, perkantoran dan lain-lain.

2.      Smart  Home digunakan untuk memonitoring keadaan rumah seperti suhu, kelembaban, pergerakan hingga keamanan rumah.

3.      Smart City  untuk memudahkan pengaturan  dan pengelolaan perkotaan, misalnya pengaturan trafik lalu lintas, sistem keamanan kota dan pemantauan energi.

4.      Agricultural, sebagai pemanfaatan untuk peternakan dan pertanian pada rural area, seperti pemantauan kondisi hewan ternak dan pertumbuhan tanaman pertanian.