Adalah Morris Alexander Siregar, seorang pria yang memanfaatkan abu vulkanik Gunung Sinabung untuk berkreasi di lukisannya. Siapa yang menyangka pria berumur 38 tahun ini dulunya berprofesi sebagai chef (koki masak), kini mendedikasikan dirinya ke dunia seni.

Kejenuhannya terikat pada pekerjaan chef yang sudah membuatnya keliling Indonesia, kini memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan tersebut dan beralih ke seni lukis yang sudah sejak kecil sudah memiliki jiwa seni tersebut.

Sebelum menggunakan abu vulkanik sebagai sarananya melukis, beliau sudah dulu mencoba melukis dengan menggunakan kopi, abu rokok dan kulit telur, biji markisa dan masi banyak lainnya. Lukisan yang ia jual dibandrol dengan harga mulai dari 800 ribu sampai dengan belasan juta rupiah ini sudah banyak dibeli orang dari Kota Medan sampai luar Kota Medan

Pria yang sudah dikaruniai 2 orang putri ini sudah dua kali mendapatkan Museum Rekor Indonesia (MURI) yaitu lukisan dari limbah kelapa sawit dan mozaik terbesar dari kulit telur. Namun prestasi tersebut tidak membuatnya cukup puas. Beliau akan terus berkreasi dengan lukisannya.

Belakangan setiap kali ia mengikuti berbagai pameran, lukisan dari abu vulkanik berhasil menarik perhatian pengunjung dan berhasil terjual. Lukisan yang terjual sebagian besar hasil penjualannya ia donasikan untuk para pengungsi Gunung Sinabung.

“Saya menyimpan rasa kekecewaan yang tinggi terhadap pemerintah yang ia anggap kurang serius dan bahkan tidak peduli pada para pelaku seni seperti saya. Pemerintah kurang mendukung dan tidak merespon setiap gagasan yang saya sampaikan. Padahal tujuan dari gagasan tersebut untuk membuat Kota Medan lebih dikenal dengan nilai seni yang tinggi” ujar Morris.

“Kedepan semoga tidak hanya pada pihak pemerintah namun juga pada pihak swasta untuk dapat mau sama-sama membantu para pelaku seni dalam mewujudkan impian-impian yang ingin membuat Sumatera Utara khususnya Kota Medan dikenal khalayak ramai sebagai kota yang memiliki potensi seni dengan nilai jual dan daya saing yang tinggi dengan kota-kota besar di Indonesia” tambahnya.

 

Contact Person :

Morris Alexander Siregar

No.HP : 0821 6075 5264

Alamat : Jalan Nusa Indah Raya No.62 A Pajak Helvetia Medan