Alm. Dra. Hj. Tengku Sita Syarisa merupakan pendiri sanggar ini. Namun, pada tahun 2003 silam, beliau meninggal dunia dan kini sanggar tersebut dikelola oleh anak beliau yaitu Dra. Tengku Lisa Nelita.

Banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh sanggar ini hingga keliling dunia. Salah satunya pada bulan Juni lalu, sanggar Sri Indera Ratu ini diundang oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Centro Universitario De Danza, Meksiko untuk tampil di depan para mahasiswa Meksiko dan menampilkan tarian-tarian etnis dari Sumatera Utara.

Sanggar ini sendiri mempunyai jadwal latihan 2 kali dalam seminggu dengan biaya iuran hanya 20 ribu rupiah perbulannya. Di sanggar tersebut, diajarkan berbagai macam tarian, seperti tarian batak, melayu, aceh, nias, dan lainnya. Namun belakangan disayangkan, banyaknya anak-anak muda yang sudah meninggalkan budaya-budaya tradisional dan beralih ke budaya yang lebih modern.

Sebagai orang yang sekarang melanjutkan sanggar ini, ibu Lisa atau yang lebih akrab disapa Nde ini (Nde dalam bahasa melayu berarti ibu, tante atau orang yang lebih dihormati) berharap generasi muda di Kota Medan untuk dapat kembali mencintai budaya tradisional serta terus ikut ambil bagian dalam melestarikan kebudayaan yang ada. Sehingga nantinya diharapkan kepada para pemuda-pemudi Indonesia sebagai penerus bangsa bisa merasa bangga dan cinta dengan kebudayaannya sendiri dibanding dengan kebudayaan lain.

“Kurangnya kesadaran pemuda-pemudi Indonesia akan kebudayaan tradisionalnya sendiri, membuat semakin maraknya terjadi pengklaiman budaya Indonesia oleh negara lain. Hal ini disebabkan pemuda-pemudi Indonesia tidak tahu dan bahkan tidak peduli dengan kebudayaannya sendiri. Malah lebih peduli dan mencintai budaya lain dibandingkan budaya bangsa Indonesia” ungkap Nde Lisa.

“Untuk itu saya menyarankan bagi siapa pun untuk ikut bergabung ke dalam sanggar Sri Indera Ratu ini. Sanggar ini terbuka untuk siapa saja yang ingin dan mau belajar kebudayaan etnis Sumatera Utara” harap Nde Lisa.

 

Contact Person

Himpunan Seni Budaya "Sri Indera Ratu"

Dra. Tengku Lisa Nelita

Alamat : Jalan Sultan Ma'moen Al Rasyid No.66 (Istana Maimun) Medan, 20151

No.Hp : 08126442797